Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 jenis jurnal khusus perusahaan dagang


Mari Belajar-Jurnal khusus adalah jurnal yang secara khusus digunakan untuk mencatat transaksi sejenis yang terjadi berulang ulang ,khususnya di perusahaan dagang. Prinsip pendebitan dan pengkreditan pada jurnal khusus pada dasarnya sama dengan yang dilakukan di jurnal umum , perbedaannya, akun pada jurnal khusus di buat berkelompok. Pada perusahaan dagang terdapat 5 jenis jurnal khusus.

Jenis-Jenis Jurnal Khusus
1. jurnal penerimaan kas
Jurnal penerimmaan kas adalah jurnal yang di gunakan untuk mencatat setiap terjadinya penerimaan uang secara tunai. Contoh dari penerimaan yang di maksud adalah penerimaan uang tunai, transfer dari perusahaan lain, cek atau bilyet giro, dan lain lain yang berhubungan dengan penerimaan uang tunai. Biasanya perusahaan menyiapkan bukti khusus atau bukti kas masuk.

2. jurnal pengeluaran kas
Jurnal pengluaran kas adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap terjadinya pengeluaran secara tunai. Contoh dari penerimaan yang di maksud adalah, pembelian secara tunai, pembayaran utang dan lain lain yang berhubungan dengan pengeluaran kas secara tunai. Biasanya perusahaan menyiapkan bukti khusus atau bukti kas keluar.

baca juga:
3. jurnal pembelian
Jurnal pembelian adalah jurnal yang di gunakan untuk mencatat pembelian secara kredit. Jurnal pembelian ada dua , yaitu:
1. jurnal yang di gunakan untuk pembelian barang dagangan saja. Jurnal yang digunakan untuk membeli barang dagang tidak memerlukan kolom debet dan kredit, karna dalam kolom jumlah sudah di asumsikan sebagai rekening debet dan kredit, karna rekening yang di debet sudah pasti pembelian dan rekening yang di kredit sudah pasti utang dagang
2. jurnal yang di gunakan untuk pembelian barang dagang dan aktiva lain secara kredit.di jurnal ini membutuhkan kolom debet dan kredit karna terdapat beberapa akun selain akun pembelian.


4. jurnal penjualan
jurnal penjualan di gunakan untuk pencatatan penjualan secara kredit. Dalam transakasi penjualan barang dagang secara kredit menyebabkan piutang dagang berada di posisi debet dan penjualan di posisi kredit. biasanya dalam penjualan di ikuti oleh termin seperti 2/10,n/30 dan lain lain


5. jurnal Umum
Jurnal umum adalah sebuah jurnal yang di pergunakan untuk tempat melakukan pencatatan bagi segala jenis bukti transaksi keuangan yang muncul akibat terjadinya berbagai transaksi keuangan perusahaan dalam perusahaan dalam suatu priode tertentu. Biasanya pada perusahaan dagang jurnal umum di isi oleh retur, baik retur penjualan maupun retur pembelian.


12 komentar untuk "5 jenis jurnal khusus perusahaan dagang"

  1. Wah mantep ni yang saya cari cari untuk anak akuntansi cocok

    BalasHapus
  2. Ane dlu waktu smester 1 di prodi ilmu ekonomi ada kek beginian tapi mulai semester 3 udh kgk ada,,mantap ni artikel potensi legit di kunjungi siswa dan mahasiswa

    BalasHapus
  3. Nyimak aja gan,moga bermanfaat buat yang lainnya

    BalasHapus
  4. Sip seengaknya kita harus tau akan hal² kaya gini. Thanks bang...

    BalasHapus
  5. wahhh informasinya bermanfaat mas bro

    BalasHapus
  6. Mencerahkan dalam pembuatan jurnal akuntansi....

    BalasHapus
  7. Makasih min ilmunya
    kalo ada waktu silakan mampir
    ardhanamukhlis.blogspot.com

    BalasHapus
  8. Info menarik, mampir juga ke blog saya https://tuntunanlengkapsholat.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan baik dan sopan.