Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Sistem Pendidikan Jepang


     Jepang adalah negara yang orang orangnya dikenal pintar, sopan, disiplin dan dan pekerja keras dalam segala bidang. Sumber daya manusia yang sangat baik membutnya sebagai negara paling maju di Asia.
Pernah ngkk sih terlintas dipikiran kalian bahwa apa yang membuat jepang menjadi negara maju?. Salah satu faktor yang berperan penting membuat jepang menjadi negara paling maju diAsia adalah sistem pendidikan mereka yang sangat hebat dan luar biasa. Dari sistem pendidikan yang sangat hebat membuat Jepang bisa mecetak generasi muda yang cekatan dan sangat cerdas dalam segala hal.
Penasaran apa saja sistem pendidikan yang diterapkan di negeri Sakura ini? Simak penjelasan dibawah.
1. siswa jepang membersihkan Sekolahnya sendiri
 diJepang siswa diharuskan membersihkan sekolahnya sendiri, tidak ada petugas kebersihan yang dipekerjakan disekolah, semua siswa yang harus membersihkannya mulai dari ruang kelas, kafetaria sampai toilet. Tujuan diberlakukannya sistem ini untuk membantu siswa untuk bekerja dalam tim, bertanggung jawab dan saling membantu.

2. sekolah mewajibkan siswanya belajar kaligrafi  dan puisi Jepang
Di Jepang siswa tidak hanya di ajarkan pelajaran umum disekolah, tetapi mereka juga diharuskan mempelajari budaya lokal. Salah satu pelajaran budaya lokal jepang adalah menulis kaligrafi Jepang atau yang lebih dikenal shodo dan puisi jepang.


3. tidak mengikuti ujian di 3 tahun awal
3 tahun pertama siswa diJepang  diajarkan bagaimana menghargai waktu, mengahrgai diri sendiri, menghargai orang lain, bersikap lembut dengan alam dan hewan. Oleh karena itu anak-anak diJepang tidak mengikuti ujian sampai mereka kelas 4 atau kisaran umur 10 tahun, mereka hanya diberikan tes kecil untuk memastikan mereka belajar dan tidak memiliki masalah atau kesulitan.

4. mengikuti tes khusus untuk melanjutkan pendidikan
Biasanya sebelum mengambil tes siswa memilih kampus dimana mereka ingin melanjutkan pendidikan. Namun perguruan tinggi dijepang memberikan beberapa ketentuan pada para calon siswanya dan salah satunya adalah skor. Jika skor nya rendah mereka lebih memilih untuk tidak kuliah, persaingan diJepang sangat tinggi .

5. Tingkat kehadiran sekolah di jepang adalah 99,99%
 Sudah bukan hal yang aneh bila kita waktu sekolah dulu pernah atau sering membolos pada saat jam pelajaran, berbeda dengan siswa Jepang yang tidak pernah Bolos, dan juga sangat jarang siswa yang datang terlambat kesekolah (kecuali Nobita mungkin Yah hehehehe). Selain itu, sekitar 91% siswa dijepang tidak pernah mengabaikan apa yang diajarkan gurunya

3 komentar untuk "5 Sistem Pendidikan Jepang"

  1. penting sekali orang Jepang untuk belajar etika, sedang diindonesia orang tua sibuk menuntut anak untuk belajar

    BalasHapus
  2. Mungkin perlu adanya pendidikan karakter lebih dulu kalo semisal mau diterapkan di indonesia.. Kalo menurut admin lebih maju mana antara sistem pendidikan Jepang dan finlandia?? Atau semua itu bergantung dengan budaya tiap negara??

    BalasHapus
  3. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan baik dan sopan.