Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usulan Pemindahan Ibu Kota Indonesia


Sebelum jakarta jadi Ibu Kota Negara Indonesia secara permanen,  dulu di era presiden Soekarno Indonesia pernah beberapa kali pindah Ibu Kota, mulai dari Jogjakarta di tahun 1946, dan Bukit Tinggi di tahun 1948. Hal ini terpaksa dilakukan mengingat di era itu Jakarta sedang tidak aman karena Belanda sedang melancarkan Agresi Militernya.

Nah baru baru ini pemerintah kita memberikan pengumuman yang mencenangkan, katanya Ibu Kota negara kita bakal di pindahin "lagi". walaupun belum pasti bakal di pindahin d mana, tapi yang pasti akan di pindahkan keluar pulau jawa.

kenapa jakarta mau di ganti?
karena jakarta sudah terlalu banyak menanggung beban mulai dari penduduknya yang sangat banyak, polusi yang makin sesak dan juga soal macet yang sudah semakin parah dan entah sampai kapan akan selesai. dan kita juga sama sama tau kalau jakarta itu sudah menjadi langganan banjir, hampir setiap tahun banjir melanda Jakarta, dan belum lagi ancaman gempa bumi besar yang mengancam dari pergerakan lempengan di selatan pulau jawa.

pertanyaan terbesar saat ini adalah d mana ibu kota akan di pindahkan?
singkatnya untuk menjadi ibu kota suatu negara harus memenuhi beberapa kriteria, yaitu harus relatif aman dari ancaman bencana alam, letaknya di tengah tengah Indonesia dan masih memiliki banyak lahan kosong. Dari kriteria tersebut muncul tiga 3 calon kuat untuk menjadi Ibu Kota Indonesia yang selanjutnya, yaitu
1. wilayah Kalimantan
2. sebelah selatan Sulawesi
3. area timur pulau Sumatra

Mindahin ibu kota negara itu bukan lagi hal yang baru, sudah banyak negara yang sudah berhasil pisahin kantor presiden dan urusan pemerintahan dari pusat ekonominya. Salah satu contohnya adalah Amerika yang kantor Presiden nya berada di Washington DC dan pusat ekonomi yang berada di New York.


Tapi tau nggak sih, kalau sebenarnya untuk mindahin Ibu Kota negara itu tidak lah mudah. Bayangkan ada ouluhan gedung pemerintahan dan orang orang yang ada didalamnya yang juga harus ikut pindah. Belum lagi fasilitas publik dan transportasi umum yang pasti dan harus di bangun semua.

jadi kita sama sama tau buat mindahin ibu kota itu tidaklah mudah, butuh waktu yang. sangat sangat lama dan biaya yang sangat sangat sangat mahal. biaya yang di butuhkan tidak tanggung tanggung yaitu kisaran Rp 323 T - Rp 466 T.

jadi buat mindahin ibu kota negara itu tidak bisa hanya dalam semalam seperti membangun sebuah candi yang admin lupa nama candinya :(.
tapi jika rencana ini berhasil mungkin akan membuat pembangunan yang adil dan ekonomi jadi merata "asal direncanakan secara matang se matang matangnya".

oke menurut kalian kota mana yang harusnya dipilih untuk jadi ibu kota negara tercinta kita.  Tulis jawaban kalian di kolom komentar. 

2 komentar untuk "Usulan Pemindahan Ibu Kota Indonesia"

  1. Menurut saya Sulawesi saja, agar adil antara barat dan timur.

    Nice artikel, semoga bisa bersahabat.

    Catatan Adi

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan baik dan sopan.