Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Pajak Kendaraan di Telegram Terbaru 2021

 

cara cek pajak kendaraan di telegram

Cara Cek Pajak Kendaraan di Telegram - Fungsi utama aplikasi telegram memang untuk mengirim chat seperti halnya aplikasi whatsapp, namun sesungguhnya aplikasi ini multifungsi karena bisa digunakan untuk apa saja. Selain menonton film, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengecek pajak kendaraan bermotor.

Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB sebagaimana dijelaskan pada Pasal 1 ayat 12 dan 13 Undang Undang Nomor 28 Tahun 2009 merupakan pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor. Jenis pajak ini tergolong ke dalam pajak daerah yang penerapannya melibatkan tiga instansi yaitu Badan Pendapatan Daerah, Kepolisian Daerah Republik Indonesia, dan PT. (Persero) Asuransi Kerugian Jasa Raharja.

Sebenarnya pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat bisa mengecek status pajak pada bagian STNK. Akan tetapi terkadang kita lupa menaruh STNK tersebut sehingga tidak bisa mengecek lewat dokumen tersebut, untung saja ada cara alternatif untuk memeriksa pajak kendaraan bermotor secara online.

Sebagai pengguna kendaraan bermotor, merupakan suatu kewajiban untuk membayar pajak yang disesuaikan dengan jenis dan kapasitas mesin kendaraan. Di Telegram, memang tidak ada fitur khusus untuk mengecek status pajak kendaraan tapi kamu tetap bisa mengeceknya dengan cara seperti ini.


Cara Cek Pajak Kendaraan dengan Bot Telegram

Untuk kamu ketahui, tidak semua daerah memberlakukan cek pajak kendaraan melalui telegram. Ada yang melalui website, whatsapp, atau SMS.

Karena hal itu, bisa saja tutorial ini tidak berlaku untuk daerah tempat tinggal kalian. Cek pajak kendaraan online via telegram bisa dengan memanfaatkan bot telegram yakni sebagai berikut :

  • Bagi kamu yang belum memiliki aplikasi telegram, silakan download dan install terlebih dahulu aplikasinya di google play store atau app store. Setelah itu buat akun menggunakan nomor HP yang masih aktif.
  • Silakan masuk terlebih dahulu ke akun telegram memakai nomor HP yang tadi sudah didaftarkan.
  • Jika sudah, tekan kolom pencarian lalu ketikkan nama channel atau bot telegram yang berisikan pusat informasi pembayaran pajak di daerah kalian. Contohnya untuk daerah Sulawesi Selatan adalah Bot Bapenda Sulsel, untuk daerah lainnya bisa jadi berbeda dan bisa juga memang tidak ada. Bot Bapenda Sulsel adalah bot telegram yang dimiliki oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan.
  • Selanjutnya Anda bisa memulai percakapan dengan bot tersebut dengan cara mengirim chat /start dan kamu akan mendapatkan balasan secara otomatis.
  • Setelah memperoleh balasan, balas lagi dengan /info
  • Setelah mendapatkan balasan lagi, untuk mengetahui jumlah pajak kendaraan cukup dengan mengetikkan SULSEL(spasi)nomor polisi kendaraan kamu(spasi)WILAYAH. Sebagai contoh : SULSEL DD 4736 IT MAKASSAR
  • Informasi mengenai biaya pajak kendaraan termasuk jatuh temponya langsung muncul dalam beberapa saat.

Keuntungan cara seperti di atas kamu bisa mendapatkan informasi tentang pajak kendaraan semakin cepat. Sebab, kamu bukan mengirimkan pesan ke manusia, tetapi ke bot yang balasannya secara otomatis. Untuk memperoleh balasan, kamu tidak perlu menunggu waktu lama.

 

Bagaimanakah Cara Cek Pajak Kendaraan di Telegram untuk Daerah Lainnya?

Sepanjang yang saya tau, pengecekan pajak kendaraan bermotor melalui telegram hanya berlaku untuk daerah Sulsel saja yang kebetulan sudah melayani. Jika samsat di daerah kalian ada yang sudah melayani pengecekan, pendaftaran, maupun pembayaran pajak via telegram bisa beritahukan melalui kolom komentar ya.

Cara di atas hanya bisa dilakukan bagi pemilik-pemilik kendaraan dengan nomor polisi wilayah Sulawesi Selatan selatan seperti Bone, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Pangkajene, Pinrang, Sidenreng Rappang, Sinjai, Soppeng, Takalar, Tana Toraja, Toraja Utara, Makassar, dan daerah lainnya di provinsi Sulawesi Utara.

Atau alternatif lain, apabila kamu kenal dengan petugas yang mengurusi bagian pembayaran pajak kendaraan hubungi saya via telegram dan jangan lupa berikan informasi tentang nomor polisi sepeda motor yang kamu miliki dan informasi penting lainnya.

Dan sebisa mungkin jangan pernah tanya pajak kendaraan ke calo. Bisa-bisa kamu ditipu dan dimanfaatkan.

Akhir Kata

Nah itulah dia cara cek pajak kendaraan di telegram yang dapat kamu lakukan. Setelah mengetahuinya, jangan lupa bayar pajak tersebut tepat waktu ya supaya tidak kena denda. Orang bijak taat bayar pajak.


Posting Komentar untuk "Cara Cek Pajak Kendaraan di Telegram Terbaru 2021"